Pages

Sunday, September 19, 2010

Filter Lensa Kamera




Contoh Filter Pada Lensa Kamera
Filter Lensa biasa dipasang di bagian depan lensa kamera. Walaupun Filter Lensa hanya asesoris, tetapi alat tersebut banyak manfaat dan fungsinya. Banyak sekali jenis dari Filter Lensa Kamer, tetapi kebnyakan dari Fotografer umumnya mengunakan Filter Lensa jenis UV [UltraViolet]. Merek Filter Lensa bermacam-macam, misal yang sering kita dengar Hoya, B+W, Canon, Kenko, Kokai, dan masih banyak lagi.


Untuk Fungsi, Filter Lensa Kamera mempunyai banyak fungsi. Fungsi Utama adalah tergantung dari masing-masing jenis filter, dan fungsi penting lainnya adalah untuk melindungi optik lensa kamera dari debu, kotoran, dan lain-lain secara tidak langsung.

Sekarang Bicara mengenai Jenis Filter pada lensa Kamera.
Berikut adalah beberapa contoh Jenis Filter pada Lensa Kamera :

Filter UV [Ultraviolet/Ultraungu]
Filter ini berguna untuk mengurangi kekaburan gambar akibat efek gelombang sinar ultraviolet [menyaring] yang berlebih khususnya didaerah pegunungan dan sekitar daerah pantai.

 
Filter Clear atau Filter Jernih
Jenis filter ini tidak mempunyai efek apapun, cuma berfungsi sebagai protect atau perlindungan saja terhadap optik atau bagian depan lensa pada kamera.


 
Filter Inframerah [Infrared Filter]
Filter ini berguna untuk menyaring cahaya bergelombang Infrared, sehingga bisa menghasilkan hasil foto sengan warna yang berbeda.


  
Filter Close-Up
Filter ini sangat cocok bila anda pecinta foto makro dan belum mampu membeli lensa khusus macro yang harganya masih tinggi, Lumayan buat foto macro.



 
Filter ND [Neutral Density]
Filter ini bisa digambarkan jika kita memakai kacamata hitam saat terik matahari. Filter ini dapat menurunkan intensitas cahaya yang masuk.
Filter Gradual ND
Filter ini hampir sama dengan Filter ND, tetapi yang membedakan filter ini adalah daya saring intensitas cahayanya bisa dikatakan setengahnya dari Filter ND.
Filter Polarizer
Filter ini mampu mengurangi efek pantulan cahaya dari suatu objek, seperti air di pantai, atau kaca jendela.







Cara Memasang Filter Pada Lensa Kamera
Untuk memasang filter pada lensa kamera adalah, cukup letakkan filter di bagian depan lensa seperti pada gambar dan paskan dengan ulir lalu kencangkan.

Hal yang perlu di ingat adalah, Ukuran diameter lensa harus sama dengan ukuran diameter Filter Lensa. Karena setiap lensa memiliki ukuran diameter yang berbeda-beda. 
Seperti pada gambar yang dilingkari warna merah. itu adalah ukuran diameter. Jika Lensa Kamera berdiameter 58mm, maka filter yang akan dipasang juga harus berdiameter 58mm. Jika tidak sama, tidak akan bisa terpasang dengan sempurna.

Gambar Pemasangan Filter

-gap-

5 comments:

  1. wah ternyata banyak juga jenis dari filter kamera ya

    ReplyDelete
  2. infonya cukup bermanfaat bagi pemula seperti sayah
    terimakasih
    yang punya Blogs ....

    ReplyDelete
  3. uv filter saya pecah pak. mau saya buka tp susah ya. boleh d paksa?ato ada cara yg lebih gampang buat bukanya?

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya

Subcribes