Pages

Tuesday, February 15, 2011

Meneladani Perjuangan Nabi Muhammad SAW




Siapa yang tak mengenal Nabi Muhammad SAW, Beliau adalah manusia pilihan Allah SWT sebagai pemimpin, penyempurna, dan menjadi contoh teladan bagi setiap umat dengan Kitabnya AL-QUR'AN. Nabi Muhammad SAW Lahir Tanggal 12 Rabiul Awal, pada malam Senin tahun 53 sebelum Hijrah. Artinya, beliau SAW dilahirkan 53 tahun sebelum terjadinya hijrah nabi dari Makkah ke Madinah. Sejak lahir, Sudah terlihat keistimewaan dan keajaiban pada diri Nabi Muhammad SAW, diantaranya adalah Beliau lahir dalam kondisi telah berkhitan dan tali pusarnya telah terputus, sehingga kelahiran Nabi Muhammad SAW sangat menggemparkan dunia.

Berikut ini saya akan bercerita secara singkat Sejarah Perjuangan Nabi dan Para Sahabat saat di Hijrah dari Mekkah ke Madinah, Dalam cerita ini kita bisa lebih meneladani dan lebih mengingatkan kita termasuk saya sendiri agar selalu meneladani, mengidolakan, dan mencontoh suri tauladan yang baik dari Nabi Muhammad SAW, Berikut sejarah singkatnya :
"Dan Sesungguhnya, Kami benar-benar akan menguji kamu sehingga Kami mengetahui orang-orang yang benar-benar berjihad dan bersabar di antara kamu; dan akan Kami uji perihal kamu." (QS Muhammad/47:31)
Muhammad SAW dianggkat sebagai Nabi dan Rasul di Kota Mekah. Namun karena keselamatan Nabi Muhammad SAW dan kaum Mislimin di tempat ini terganggu, maka Nabi Muhammad SAW tidak dapat melaksanakan dakwahnya dengan baik, oleh sebab itu Beliau dan kaum muslimin Mekah hijrah ke tempat yang aman yang dapat mendukung dakwah, yaitu Yastrib (Madinah). Dalam waktu dua bulan, hampir semua kaum Muslimin meninggalkan Mekah. Hanya Abu Bakar dan Ali Bin Abu Thalib yang tetap tinggal menemani Nabi Muhammad SAW di Mekah. Mereka menemani Beliau sampai datang perintah Allah SWT untuk menyusul kaum muslimin yang telah lebih dulu hijrah. Setelah itu Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar hijrah ke Madinah.

Berbagai halangan dan rintangan menghadang perjalanan Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah, seperti pengepungan rumah Nabi Muhammad SAW oleh kaun kafir Quraisy, pencarian terhadap Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar di Gua Tsur,  dan upaya pembunuhan terhadap Nabi Muhammad SAW oleh Suraqah bin Naufal. Akan tetapi, halangan dan rintangan tersebut bisa beliau lewati atas pertolongan Allah SWT.

Setelah menempuh perjalanan yang melelahkan dibawah terik panas matahari, maka pada tanggal 12 Rabiul Awal tahun ke-13 dari kenabian, Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar telah tiba di daerah Quba yang letaknya tidak jauh dari Madinah. Beliau beristirahat selama empat hari di rumah Kultsum bin Hamdan dari Suku Aus, sementara Abu Bakar tinggal di rumah Habib bin Asaf dari Suku Khazraj.

Selanjutnya datang rombongan yang menyusul hijrah ke Madinah yang dipimpin oleh Ali bin Abi Tholib. Mereka terdiri dari keluarga Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar, seperti Fatimah, Ummi Kultsum, Saudah, Ummu Aiman, Ummu Ruman, Usamah, Aisyah, dan Asma binti Abu Bakar, Selain itu ikut pula beberapa kaum Muslimin lainnya.

Masjid Quba adalah Masjid Pertama yang dibangun oleh Umat Islam
Sesampainya di Quba, Nabi Muhammad SAW dan kaum Muslimin membangun Masjid untuk melaksanakan ibadah. Masjid ini didirikan atas tanah wakaf dari Kultsum bin Hamdan. Inilah Masjid pertama yang dibangun oleh kaum Muslimin. Setelah pembangunan Masjid itu selesai, Masjid tersebut diberi nama Masjid Taqwa, yang kita kenal sekarang Masjid Quba. Masjid inilah tercatat dalam sejarah Islam sebagai Masjid pertama yang dibangun Nabi Muhammad SAW dan kaum Muslimin.

Pada Jumat tanggal 16 Rabiul Awal tahun ke 1 Hijriyah atau tanggal 2 Juli 622 Masehi, Nabi Muhammad SAW bersama rombongan tiba di Madinah. Mereka disambut dengan meriah dan penuh kegembiraan oleh masyarakat Madinah.

Mengingat kondisi masyarakat Madinah yang menyambut baik dakwah Nabi, maka Nabi Muhammad SAW mengarahkan dakwahnya dalam rangka menciptakan dan membina suatu masyarakat Islam, karena jumlah umat Islam itu sudah banyak. Nabi Muhammad SAW kemudian meletakkan dasar-dasar kehidupan bermasyarakat sebagai berikut :
  1. Mendirikan Masjid Nabawi sebagai tempat ibadah. Selain itu, Masjid Nabawi berperan penting untuk mempersatukan kaum muslimin dari berbagai macam suku dan etnis. Pada waktu itu, Masjid Nabawi juga berfungsi sebagai Pusat Pemerintahan Islam.
  2. Mempersaudarakan antara golongan Muhajirin (kaum Muslimin yang Hijrah dari Mekah ke Madinan) dengan golongan Anshar (penduduk Madinah yang menyambut baik kedatangan Nabi Muhammad SAW). Persaudaraan ini tidak berdasar pada ikatan darah, atas dasar agama.
  3. Mendeklarasikan Piagam Madinah yang bertujuan untuk menciptakan stabilitas keamanan masyarakat Madinah antara kaum Muslimin dengan kaum Yahudi dan sisa-sisa suku Arab yang belum mau menerima Islam dan tetap memuja berhala.
Demikianlah sejarah singkat perjuangan Nabi Muhammad SAW dan para Sahabat di Madinah. Sebagai Umat Nabi Muhammad SAW, kita wajib meneladani dengan cara sebagai berikut :
  1. Jika suatu saat, keselamatan jiwa kita terganggu dan tidak aman atau kita tidak dapat melakukan ibadah dengan Khusyuk, maka alangkah baiknya kita pindah ketempat yang aman dan kondusifuntuk beribadah.
  2. Dimanapun kita berkewajiban untuk berdakwah mengajak orang lain untuk beribadah, mendirikan Masjid dan memakmurkannya jika di tempat tersebut belum ada.
  3. Dimanapun kita harus dapat hidup bermasyarakat dengan baik.
  4. Tidak membeda-bedakan ras, suku, atau golongan. Semua di hadapan Allah SWT adalah sama derajatnya, yang membedakan adalah tingkat ketakwaannya.
  5. Jadilah pemimpin yang adil yang dapat mengayomi dan melindungi segala lapisan masyarakat.
  6. Utamakan persatuan dan kesatuan bangsa.
  7. Saling tolong menolong dan saling menghormati sesama manusia.
  8. Sabar dan tabah serta senantiasa meminta pertolongan Allah SWT dari segala halangan dan rintangan kehidupan.

4 comments:

  1. Jadikan Rasulallah sebagai suri tauladan kita..

    ReplyDelete
  2. SALAM UKHUWAH dari http://azishtm.blogspot.com
    Maen facebook sekaligus BERBISNIS DAN BERSEDEKAH
    Dpt Income juga Pahala.
    SILAHKAN KLIK ==>
    http://www.income-syariah.com/?id=inves4215

    ...Setiap kunjungan, Insya Allah akan mendapatkan GRATIS 10 Software Islami dan Tausiah Ust. Arifin Ilham, Yusuf Mansur dan Qori' Kecil Muhammad Toha.

    SEMOGA BERMANFAAT

    ReplyDelete
  3. subhanallah... Allah mengirimkan nabi Muhamammad SAW dengan Ahlakulkarimah.....

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya

Subcribes