Pages

Sunday, August 01, 2010

Fotografi Konsep




Mungkin bisa dikatakan hampir semua orang kalau di suruh menfoto pasti bisa. Trus apakah yang bisa foto dikatakan fotografer?

Menurut kamus konsep adalah abstrak, pembawa arti, peta perencanaan yang dijadikan pedoman untuk melangkah kedepan. Konsep muncul besasal dari ide atau kreatifitas. Biasanya fotografer merencanakan konsep terlebih dahulu sebelum men foto sebuah objek.

Jadi bila digabungkan antara fotografi dan konsep, Fotografi konsep adalah peta perencanaan  yang berawal dari ide kreatifitas dalam fotografi (pemotretan) guna untuk menghasilkan foto yang mempunyai seni atau yang mengandung sebuah pesan.

Sering kita melihat iklan-iklan di surat kabar atau banner spanduk dll. Kebanyakan iklan2 tersebut bermula dari proses pemotretan. Dan pasti ada konsep terlebih dahulu. tanpa sebuah konsep iklan-iklan tersebut tidak mengandung arti, padahal guna iklan untuk berpromosi.

Konsep fotografi berhubungan erat dengan teknis foto dan seni foto. Jika kita sudah punya konsep yang matang tapi kita tidak punya seni teknis foto juga percuma. Tanpa teknik foto tidak tercipta dan tanpa seni foto tidak berjiwa.

Konsep sebuah foto tergantung pada ide dan kreativitas kita, yang bisa muncul pada lokasi pemotretan, objek atau model yang adakn difoto dan pesan yang akan disampaikan. Konsep tidak perlu ribet, yang simple pun bisa. Yang penting jangan pernah menyerah atau merasa susah dan sering tidak takut mencoba.

Contoh :

Ketika saya lagi minum air dingin yang begitu menyegarkan, timbul lah sebuah ide.Karena saya juga masih belajar  Bahwa air sangat segar dan air juga tergantung pada tempatnya. Lalu saya persiapkan alat seadanya berupa gelas, air dingin di kasih sirup, sebuah jeruk nipis, dan tentu saja Kamera.
Dengan Pencahayaan seadanya, jadilah foto berikut ini,

Foto : -gap-
Setelah melihat foto diatas, apa yang anda bayangkan? Apakah konsep saya bahwa air itu segar dan bergantung kepada tempatnya itu tersampaikan ke pikiran yang melihat foto di atas? Jika iya maka konsep saya berhasih tersampaikan kepada khayalan, dan kalau tidak berarti saya harus belajar lebih giat lagi,

Memang prosesnya tidak gampang waktu pemotretan. Waktu itu bisa dikatakan 10:1 untuk mendapatkan moment tersebut. Yang penting kita jangan mudah menyerah dan tidak takut mencoba.

-gap-

4 comments:

  1. wah keren bro fotonya...
    memang dalam fotografi dibutuhkan jjiwa seni dan konsep yang matang...
    saya rasa penempatan waktu /timing juga sesuatu yang cukup diperhatikan...

    sukses trus bro..^_^

    ReplyDelete
  2. Wah Info yg menarik....

    ReplyDelete
  3. bwt belajar fotografi lengkap nih blog..

    ReplyDelete
  4. @simple: Iya sob, memeang perlu diperhatikan,.. Makasih komenya sob... :)
    @Nova, Sekitar Kita : Makasih komentnya :))

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya

Subcribes