Pages

Thursday, October 07, 2010

Cara Kerja Kamera Manual Nikon FM10




Kamera Nikon FM10 merupakan kamera yang di kembangkan menggunakan teknologi fotografi konvesional. Dalam kategori konvesional, kamera Nikon FM10 merupakan salah satu jenis kamera yang masuk dalam ukuran format film 35mm. Hal ini berarti bahwa ukuran film yang bisa digunakan untuk memotret dengan kamera ini adalah film yang berukuran 35mm atau tepatnya 24mm x 36mm. Secara Umum, dari sisi ukuran format film kamera ini lebih dikenal dengan kamera yang dikodekan sebagai kamera 135.

Sementara jika dilihat dari sistem bidikannya, kamera Nikon FM10 merupakan kamera yang menggunakan sistem bidikan single lens reflex (SLR). Sebagai kamera SLR maka Nikon FM10 hanya menggunakan satu lensa yang memiliki fungsi ganda. 

Fungsi pertama yang dijalankan oleh lensa kamera Nikon FM10 adalah fungsi sebagai lensa pengamat. Ketika kamera kita gunakan untuk mengamati obyek yang akan kita foto, maka lensa yang terpasang di dalam kamera sedang menjalankan fungsi sebagai lensa pengamat. Pada saat lensa berfungsi sebagai lensa pengamat maka lensa kamera memungkinkan kita untuk melakukan hal-hal sebagai berikut : 

-Memungkinkan bagi pemotret untuk memposisikan seluruh obyek foto sesuai dengan komposisi pemotretan yang diinginkan.

-Memungkinkan bagi pemotret untuk menemukan titik fokus lensa terhadap obyek foto yang akan dipotret. Dengan begitu ketika digunakan sebagai lensa pengamat maka lensa Nikon FM10 dapat menginformasikan banhwa gambar foto yang akan dihasilkan adalah gambar foto yang memiliki ketajaman gambar sebagai hasil dari pemotretan yang fokus.

Lensa Kamera Nikon FM10 dapat berfungsi sebagai lensa pengamat karena lensa tersebut bekerja bersama-sama dengan cermin pantul dan penta prisma yang ada di dalam tubuh kamera Nikon FM10. Bayangan obyek foto yang tertangkap oleh lensa kamera akan diterima oleh cermin pantul. Selanjutnya bayangan obyek tersebut akan dipantulkan kepada penta prisma yang selanjutnya diteruskan kepada mata fotografer.

Fungsi kedua dari lensa yang digunakan di dalam kamera Nikon FM10 adalah fungsi lensa bidik. Pada saat kita menekan tombol pemotretan (tombol pelepas rana kamera), maka lensa yang terpasang di dalam kamera Nikon FM10 akan berfungsi sebagai lensa bidik. Ketika berfungsi sebagai lensa bidik maka lensa di dalam kamera nikon FM10 akan meneruskan bayangan obyek foto yang tertangkap oleh lensa kamera keatas film yang kita gunakan sebagai media rekam. Lensa kamera Nikon FM10 dapat berfungsi sebagai lensa bidik karena pada saat kita menekan tombol pemotretan maka cermin pantul akan berpindah posisi sehingga tidak akan menghalangi bayangan obyek foto yang tertangkap oleh lensa. Pada saat yang bersamaan, ketika tombol pemotretan ditekan maka rana atau layer di dalam kamera akan membuka, sehingga bayangan obyek foto yang ditangkap dan sudah tidak terhalang oleh cermin pantul akan langsung jatuh ke atas permukaan emulsi film. Pada saat itulah bayangan obyek foto terekam oleh oleh film yang kita pasang di dalam kamera.

Supaya fungsi teknis kamera Nikon FM10 dapat bekerja secara optimal maka diperlukan peran penuh fotografer yang ada dibelakang kamera sebagai the man behind the gun. Kamera Nikon FM10 merupakan kamera konvensional yang bekerja secara full manual. Hal ini bahwa peran fotografer akan sangat menentukan apakah kamera Nikon FM10 akan dapat menghasilkan gambar foto yang layak secara tiknis ataukah tidak.
Maka kamera ini sangat cocok sekali buat yang ingin memulai di bidang dunia fotografi.
-gap-

1 comment:

  1. Berkunjung ketempat sahabat yang hobby photography. Moga di-track asal kunjungan setiap sobat ke blog ini. Maklum, gak bisa ninggalin jejak kecuali di form komentar...sukses selalu

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya

Subcribes