Pages

Saturday, October 09, 2010

Depth Of Field (DOF Sempit)




DOF (Depth Of Field) Sempit atau Ruang Ketajaman sempit adalah pemotretan yang memprioritaskan bukaan diafragma. Foto dengan ruang ketajaman sempit umumnya adalah foto yang dibuat untuk mengisolasi obyek foto utama (focus of interest) agar tetap menjadi perhatian tanpa terganggu oleh latar belakang obyek foto utama tadi.Misalkan anda akan memotret obyek utama seorang gadis cantik yang diposisikan didepan taman yang penuh dengan bunga.

Agar perhatian orang yang melihat foto tersebut tidak berebut antara gadis cantik dan bunga yang ada dibelakangnya, maka anda dapat membuat foto dengan memanfaatkan DOF sempit. Dengan foto DOF sempit maka nantinya anda akan mendapatkan foto yang menampilkan obyek utama gadis cantik dengan jelas dan obyek bunga debagai latar belakangnya dengan tidak jelas, karena ada di luar ruang ketajaman gambar.

Cara memotret dengan DOF Sempit :
  1. Posisikan pengaturan bukaan diafragma kamera anda pada angka bukaan yang paling besar (angka terkecil pada nomor diafragma anda misal f.3.5 atau yang lebih kecil lebih bagus). Semakin lebar bukaan diafragma, semakin sempit ruang ketajaman yang dihasilkan oleh lensa.
  2. Gunakan focal length (panjang focal) paling besar yang ada pada lensa yang anda gunakan. Jika lensa yang anda gunakan 15-55 mm, maka posisikan pada panjang fokal 70mm.
  3. Selamat Mencoba dan semoga sukses, salam.
-gap-

2 comments:

Terima kasih atas komentarnya