Pages

Wednesday, December 01, 2010

Contoh Foto Depth Of Field (DOF) Fotografi




Disini saya akan membahas lebih lanjut tentang foto Depth Of Field dari postingan saya sebelumnya. Perhatikanlah foto di bawah ini :

Contoh Foto Depth Of Field

Di foto jelas terlihat ada tiga tutup lensa sebagai obyek foto yang diletakkan sejajar dengan jarak yang sama. Pada tutup lensa yang dekat terlihat blur, pada tutup lensa yang kedua atau yang tengah terlihat tajam lebih jelas, dan pada tutup lensa yang ketiga atau yang jauh terlihat blur atau tidak jelas juga.

Hal ini membuktikan Depth Of Field atau ruang ketajaman atau juga ruang focus berada di tengah atau pada tutup lensa yang ke dua.

Bagaimana foto di atas itu dibuat? Intinya hanya satu, yaitu dengan menggunakan diafragma (didalam lensa menggunakan simbol f ) atau bukaan lensa yang besar atau juga nilai f yang paling kecil (ingat bukaan besar berarti nilai f kecil, dan bukaan kecil berarti nilai f besar). Di lensa standartd seperti lensa canon 15-55 mm, memiliki nilai f terkecil (bukaan terbesar) yaitu f/3.5 , maka pakailah nilai f terkecil tersebut.


Pada pembuatan foto diatas saya memakai kamera Canon 400D dan menggunakan lensa manual FD 55mm 1.2 SSC, dan nilai f nya f/1.2 dengan speed 1/60s ISO 200.

Ini hanya contoh kecil saja untuk membuat foto Depth Of Field, anda bisa mempraktekkan dengan model apa saja. Jika ada pertanyaan atau saran kritik bisa langsung di tulis di komentar, Terima Kasih.
-gap-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya

Subcribes