Pages

Friday, November 26, 2010

Arti Foto Pemandangan Landscape, Seascape, Skyscape dan Cityscape





Foto Pemandangan merupakan foto yang menekankan pada keberadaan alam pemandangan yang indah menurut rasa penilaian fotografer. Bagi kebanyakan orang seringkali kondisi alam disekitarnya yang selalu dilihat dalam kehidupan sehari-hari menjadi tidak indah lagi.

Umumnya orang menjadi kehilangan sensitifitas untuk menfocuskan perhatiannya pada keindahan alam yang ada di sekitar kehidupannya sehari-hari. Padahal dalam sesi-sesi tertentu kita dapat menemukan kondisi paling indah dari alam yang ada di sekitar kita. Misalnya pada saat pergantian musim, pada saat beberapa tumbuhan sedang mengalami pergantian daun, dan lain-lain. Atau bisa juga kita menjumpai pemandangan alam yang begitu indah pada saat-saat tertentu ketika secara sensitif kita bisa menandai sifat dan arah datangnya sinar matahari. Misalnya pada saat sore maupun pagi hari ketika sinar matahari bersifat kekuning-kuningan dan arah jatuhnya membentuk bayangan obyek yang sangat panjang.

Dengan begitu maka membuat foto pemandangan alam sama halnya dengan menemukan lokasi dan kondisi yang paling mampu menampilkan keindahan alam menurut cita rasa fotografer dan menurut cita rasa kebanyakan orang yang akan menikmati karya foto yang akan dibuat.

Foto Pemandangan bisa di kategorikan menjadi bebera macam, misalnya :

Foto Landscape
Foto pemandangan alam daratan yang mencakup alam pegunungan, lembah, persawahaan. dan lain-lain

Foto Seascape
Foto pemandangan laut yang mencakup alam lautan, danau, dan segala obyek ya menekankan keberadaan air

Foto Skyscape
Foto pemandangan langit yang mencakup keberadaan awan, biru langit, sunrise, sunset, dan lain-lain

Foto Cityscape
Foto pemandangan kota atau pedesaan yang mencakup keunikan-keunikan dan keindahan-keindahan sudut-sudut perkotaan ataupun pedesaan yang mampu menginformasikan ciri khas kehidupan masyarakat didalamnya.
-gap-

2 comments:

  1. ne bru manteb sob,, biasanya ane edit pke photoshop biar hasilnya tmbah manteb

    ReplyDelete
  2. @topjer : tu juga edit dikit pake sotosob bro,... cuma agak di gelapin dikit...hehe

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya