Pages

Monday, August 27, 2012

Mendalami Lensa Kit Canon EFS 18 - 55mm IS




Apakah anda fotografer, hobi foto, atau punya Kamera Canon ? Pasti mengenal lensa kit atau lensa bawaan milik Canon ini. Sebagai pecinta fotografi, harus mengerti karakteristik setiap lensanya. Mari langsung saja kita mendalami Lensa Kit Canon EFS 18-55mm IS ini.

Kita gak perlu tau tanggal pembuatannya, spesifikasi lensanya, kelebihan dan kekurannga lensa Kit Canon ini. yang kita perlu tahun adalah karakteristik dari lensa ini. Jika di ibaratkan dengan manusia. Setiap manusia memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Sama seperti lensa-lensa yang banyak diciptakan.

Lensa Kit Canon EFS 18 - 55mm IS
Lensa Kit Canon EFS 18 - 55mm IS

Yang pertama, yang perlu diperhatikan adalah focal length dari lensa ini. Anda tau apa itu focal length? jika belum tau berarti anda harus lebih belajar tentang dasar fotografi. Seperti nama lensa nya yaitu Lensa Kit 18-55mm IS, jelas lensa kit ini mempunyai Focal Length 18-55mm. Lensa ini sudah memungkinkan untuk memotret dari sudut wide 18mm dan sudut zoom/tele 55mm. Untuk penggunaan aman agar tidak terjadi distorsi jika ingin memotret portrait anda pasti sudah tau menggunakan minimum focal length berapa :). Intinya lensa ini memiliki focal length yang sudah lumayan praktis.

Yang Kedua, Fungsi IS sangat membantu, Anda pasti sudah tau apa itu singkatan dari IS pada nama Lensa Kit Canon 18-55mm IS. Fungsi IS ini dapat sangat membantu sekali untuk meredam getaran - getaran yang tidak perlu saat kita sedang memotret sebuah obyek yang dapat menghasilkan gambar akan shake.

Yang Ketiga, kita harus mengetahui sweet spot dari lensa ini. Anda tau apa itu sweet spot? Saya jelaskan sedikit, sweet spot adalah titik bukaan yang paling tajam dari sebuah lensa. Jika anda memiliki lensa ini, bacalah buku petunjuknya. Kebanyakan pada buku petunjuk di jelaskan sweet spot dari lensa tersebut. Dan sweet spot Lensa kit Canon 18-55mm IS ini adalah pada titik bukaan f/5.6. Jadi jika anda ingin memperoleh gambar paling tajam dari lensa ini pakailah bukaan.diafragma f/5.6 dan speed menyesuaikan. Jika masih kurang sampai kondisi pencahayaan atau anda perlu ruang fokus yang lebih lebar, pakailah bukaan alternatif kedua yaitu f/8.

Yup cukup ketiga dari ketiga pembahasan diatas kita sudah mempelajari karakteristik Lensa Kit Canon 18-55mm IS. Jika kita sudah mengetahui karakteristik Lensa, kita gak perlu minder karena memotret cuma memakai lensa bawaan atau lensa Kamera Kit saja.

Sampel Foto dengan Lensa Canon EFS 18-55mm IS
Sampel Foto dengan Lensa Canon EFS 18-55mm IS

Foto diatas adalah diambil dengan menggunakan lensa Kit Canon EFS 18-55mm IS dengan menggunakan kamera Canon EOS 550D. Dengan mengunakan sweet spot dan didukung dengan teknik pencahayaan yang tepat, maka dapat menghasilkan gambar yang tanjan dan tidak kalah dengan lensa - lensa kamera yang jauh di atasnya.

Perawatan Lensa Kamera Canon 18-55mm IS
  • Lensa Wajib diberi filter lensa kamera, minimal Filter UV, di samping menjaga dari debu dan kotoran, juga dapat memeri rasa aman yang lebih pada lensa kita.Berikut jika ingin belajar lebih lanjut tentang Filter Lensa Kamera
  • Tempat Penyimpanan wajib di perhatikan. simpanlah di tempat yang aman seperti pada drybox
  • Hak yang paling fatal dan banyak menimbulkan kerusakan pada lensa ini, jika lensa ter setting pada AF / autofokus, jangan sekali-sekali memutar secara manual ring focusnya. hal ini akan menyebakkan kerusakan pada kabel fleksibel autofokus, Tips aman jika kamera anda dipinjam teman yaitu dengan memberi tahu tentang hal ini.

Demikian sedikit penjelasan dari saya, dasar dari artikel ini sebenarnya sudah ada di web saya yaitu kamerafoto.net, tetapi karena web saya sudah out of date, maka saya tulis di blog saya ini, hehe,,, terima kasih, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya

Subcribes