Pages

Tuesday, November 27, 2012

Peralatan Lighting Fotografi Bagian 1




Dalam Fotografi, Lighting atau pencahayaan adalah bagian yang paling terpenting. Matahari adalah sumber cahaya utama. Tetapi dalam fotografi, diperlukan juga sumber - sumber cahaya lain yang di gunakan sebagai pembantu atau bisa juga di gunakan sebagai sumber lighting utama dalam aktivitas fotografi.

Ada banyak sekali peralatan lighting fotografi yang di gunakan. Dan setiap peralatan tersebut mempunyai karakteristik dan ciri khas masing - masing. Jadi anda bisa menyesuaikan peralatan lighting fotografi mana yang akan anda gunakan.

Berikut ini adalah peralatan - peralatan lighting fotografi yang biasa di gunakan.

1. Flash Head / Lampu Flash Standar

peralatan lighting fotografi flash head
Flash head atau biasa di sebut lampu flash standar adalah lampu yang menghasilkan cahaya sesekali atau non-continuous. Peralatan lighting fotografi ini biasa di gunakan dalam studio fotografi dan pada dokumentasi foto pernikahan atau wedding. Lampu ini menggunakan daya listrik dan setiap lampu flash standar memiliki kekuatan kilat yang berbeda-beda.





2. Continuous Head

peralatan lighting fotografi continuous head
Continuous Head ini bisa memancarkan cahaya terus menerus. Peralatan lighting fotografi ini biasa di gunakan untuk penerangan dalam fotografi maupun video. Sama seperti flash head, continuous head juga menggunakan daya listrik.







3. Portable Flash Head
peralatan lighting fotografi portable flash head
Sama seperti peralatan lighting flash head, tetapi namanya saja portable jadi lebih mudah di pindah-pindah dan di bawa. Peralatan lighting fotografi ini menggunakan daya baterai atai aki.








4. Camera Flash

peralatan lighting fotografi camera flash
Camera flash atau lampu flash kamera ini yang sering banyak kita jumpai atau punyai dalam fotografi. Lampu flash ini langsung di pasangkan pada badan kamera. Intensitas cahaya yang di hasilkan tergantung pada jenis lampu flash tersebut. Peralatan fotografi camera flash atau lampu flash ini menggunakan baterai.






5. Ring Flash

Ring Flash hampir mirip dengan camera flash. yang membedakannya adalah bentuknya. bentung nya melingkar dan jika di pasang di badan kamera lampu ring flash ini berada melingkari lensa yang kita gunakan. seperti pada gambar, di tengah - tengah ring flash tersebut terdapat lubang yang berguna untuk lubang lensa pada kamera. Biasa di gunakan untuk fotografi pemotretan portrait dan close up. Dengan peralatan lighting fotografi ring flash ini, pencahayaan lebih merata keseluruh wajah pada objek pemotretan dan menghasilkan reflektor cahaya pada mata sang model yang menawan.



Kita akan membahas lagi Peralatan Lighting Fotografi pada posting bagian kedua

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya

Subcribes